Registrasi NickServ DALnet

Friday, February 9, 20070 komentar

Registrasi NickServ DALnet

Dokumen ini menjabarkan tahap-tahap untuk melakukan registrasi nickname di DALnet. Registrasi nickname (nick) di DALnet saat ini diproses dalam 2 tahap. Alamat email harus dicantumkan saat anda melakukan registrasi nickname. Dalam 24 jam, nick tersbut akan kadaluarsa jika anda tidak melakukan konfirmasi melalui email atau IRC. Oleh karena itu sangat penting untuk menyertakan alamat email yang masih berlaku.

Dokumen ini merupakan bagian dasar dari channel #ServHelp yang dipegang oleh DALnet Events Team – http://help.dal.net/events.

1. Bagaimana Cara Meregistrasi Nick Anda

Perintah:

/nickserv register password email address

Contoh:

/nickserv register PeanuttyButtery Pass12 janet@peanutbutter.ca

PeanuttyButtery12 adalah password anda dan janet@peanutbutter.ca alamat email anda.

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam memilih sebuah password. Untuk informasi lebih lanjut mengenai hal ini, anda dipersilahkan untuk melihat Petunjuk Password DALnet (DALnet Password Guide) di http://help.dal.net/docs/passwords.html.

2. Bagaimana Cara Mengidentifikasi Nick Anda

Anda diharuskan untuk melakukan identify nick sebelum dapat menggunakan perintah-perintah yang lainnya. Berikut dua buah cara yang biasa dilakukan untuk mengidentifikasi sebuah nick:

/msg nickserv@services.dal.net identify nick password
/nickserv identify nick password

Contoh:

/msg nickserv@services.dal.net identify PeanuttyButteryPass12
/msg nickserv@services.dal.net identify PeanutButterLover PeanuttyButteryPass12
/nickserv identify PeanuttyButteryPass12
/nickserv identify PeanutButterLover PeanuttyButteryPass12

Metode lain yang dapat digunakan untuk identify ke NickServ adalah:

/quote nickserv identify nick password
/identify nick password
/services identify nick password

Catatan: Sangat disarankan untuk menulisakan seluruh perintah tersebut pada window status untuk menghindari kecelakaan terlihatnya password anda. Sebagai contoh, anda akan mengirimkan password pada channel yang terbuka jika anda lupa menggunakan perintah “slash” (/).

Jika anda tidak dapat melakukan identify nick, ingatlah bahwa password tersebut adalah hal yang sensitive. Itu berarti bahwa NickServ mengenali huruf capital dah huruf kecil secara terpisah, misalnya “apple”, “APPLE” dan “aPPLe” adalah 3 buah password yang berbeda. Pastikan anda menuliskan password secara benar. Jika anda masih menerima pesan “error”, cobalah untuk menggubakan perintah SENDPASS, seperti yang dijelaskan dalam http://help.dal.net/docs/nickserv.html. Jika tetap tidak berhasil, cobalah untuk mencari Operator IRC. Instruksi untuk menemukan salah satu dari Operator IRC tersebut dapat anda lihat http://help.dal.net/docs/findoper.html.

3. Bagaimana Cara Mengkonfirmasi Registrasi Anda

Dalam waktu kurang lebih satu jam, anda akan menerima email dari “DALnet User Registrasion” yang dikirim ke alamat email yang sudah anda set sebelumnya. Dalam email ersebut akan diberitahukan mengenai kode autorisasi (AUTH) dan bagaimana cara menggunakannya untuk melengkapi registrasi nickname anda.

Cara termudah untuk melakukan autorisasi nick anda adalah dengan meng-klik pada alamat Web (dimulai dengan http://users.dal.net/cgi-bin/verify.cgi?) di email anda. Namun jika cara ini tidak dapat anda lakukan, ada cara lain dengan tahap-tahap sebagai berikut:
1. Email yang telah terkirim untuk anda berisi perintah yang dapat anda gunakan untuk mengirimkan kode autorisasi. Jika memungkinkan, copy perintah tersebut dengan menggunakan “computer’s paste-buffer”. Jika anda tidak dapat melakukan itu, tuliskan kode tersebut diatas kertas.
2. Masuk ke dalam DALnet (irc.dal.net 7000).
3. Jika anda meng-copy perintah tersebut, paste-kan ke IRC. Jika anda tulis perintah tersebut, ketikan di IRC.
4. Kirimkan perintah tersebut. Anda harus menerima konfirmasi dari NickServ yang menyatakan kalau anda telah melakukan autorisasi. (Pada beberapa klien IRC, konfirmasi tersebut akan tampak pada window status)

-NickServ- Mission accomplished! The nick YourNick is fully
-NickServ- registered. You now have access to change your nick
-NickServ- settings, send memos to other users and use DALnet's
-NickServ- registered user web site at http://users.dal.net

Jika anda ingin menggunakan “/quote nickserv” atau “/msg nickserv@services.dal.net”, copy/paste sisa perintah dalam email anda yang diikuti dengan kata “/nickserv” sebagai bagian dari perintah tersebut.

Anda harus mencoba men-set kode AUTH untuk nick anda yang telah diregistrasi dengan lengkap. NickServ akan merespon sebagai berikut:

-NickServ- This nick is already fully registered.

4. Mengganti Alamat Email Anda

Anda mungkin ingin mengganti alamat email yang berhubungan dengan nick anda. Perintah yang digunakan untuk merubahnya adalah:

/nickserv set email email address

Contoh:

/nickserv set email janice@delightful.net

Harap dicatat bahwa perubahan email ini tidak akan berhasil sampai anda melengkapinya dengan kode autorisasi yang terkirim pada alamat email anda tersebut.

Anda dapat menggunakan perintah SET EMAIL tanpa parameter apapun untuk melihat alamat email yang telah anda set untuk nickname anda:

/nickserv set email

5. Mengapa Setting Alamat Email Penting

5.1 Keistimewaan Meregister Nicname Secara Lengkap

Beberapa keistimewaan yang anda dapatkan setelah melakukan autorisasi, yaitu:

· Anda dapat menggunakan perintah identify
· Anda dapat menggunakan perintah set email
· Anda dapat menggunakan perintah drop
· Anda dapat meregister sebuah channel
· Anda dapat masuk kedalam http://users.dal.net dan membuat sebuah website di http://home.dal.net.
Keistimewaan tidak anda dapatkan jika anda hanya melakukan partial register nickname (tidak lengkap), yaitu:
· Anda tidak dapat menggunakan MemoServ untuk mengirimkan atau menerim memo.
· Anda tidak dapat menggunakan list akses NickServ (perintah akses).
· Perintah NickServ berikut tidak akan dapat anda gunakan: set enforce, set url, set mailblock, set noop, ghost, recover dan release.

Informasi tambahan untuk perintah-perintah tersebut, silahkan kunjungi http://help.dal.net/docs/nickserv.html, ketik /nickserv help ketika berada dalam DALnet, atau kunjungi http://www.dal.net/services.

5.2 Mengirimkan Password Melalui Email

Tujuan keseluruhan dari setting sebuah alamat email bagi nick anda adalah untuk mengirimkan password melalui email jika saja anda lupa akan password anda. Cara ini lebih aman untuk mendapatkan password yang hilang dibandingkan dengan mencoba meyakinkan Csop bahwa anda adalah pemilik sesungguhnya dari nick tersebut.

Bagaimana proses kerja dari password ini? DALnet mengijinkan user untuk mendapatkan kembali password mereka melalui perintah SENDPASS. Anda harus memiliki alamat email untuk nickname tersebut saat anda meminta SENDPASS nickname dan alamat email untuk nickname founder ketika anda meminta SENDPASS channel. Hanya satu SENDPASS per email yang diijinkan setiap 72 jam. Jadi, jika seseorang lupa baik password nickname dan channel, maka mereka harus menunggunya. Penjelasan mengenai perintah SENDPASS dapat anda lihat di: http://help.dal.net/docs/nickserv.html.

6. Kerahasiaan Alamat Email

Penjelasan tentang kerahasian email di DALnet terdapat di http://www.dal.net/emailinfo.htm. Isinya menjelaskan mengenai peraturan hukum DALnet yang menjaga kerahasiaan alamat email anda.

Jika anda ingin memperlihatkan alamat email anda dalam informasi NickServ (dengan cara /nickserv info yournick), anda dapat men-setnya kemudian. Setelah indentify nickname anda, tuliskan perintah berikut:

/nickserv set showemail on

Jika anda ingin menghapus email anda dari informasi NickServ, perintahnya adalah:

/nickserv set showemail off

6.1 “ Saya tidak ingin memberikan alamat email saya untuk anda!

Anda benar sekali. Tetapi, kami ingin menegaskan bahwa DALnet adalah layanan gratis. DALnet tidak mengharuskan anda untuk meregister nick untuk masuk kedalam server kami.

Untuk orang-orang yang benar-benar sensitif mengenai kerahasiaan alamat email mereka, kami menyarankan untuk mendapatkan layanan email gratis untuk melengkapi registrasi nick anda. Setelah semunya selesai, anda dapat melupakan email anda tersebut. Tetapi, ingatlah jika anda melakukan ini, anda akan mengalami kesulitan dalam hal bantuan yang berhubungan dengan password anda di masa yang akan datang.

7 · Troubleshooting dan FAQ (Frequently Asked Questions)

Pertanyaan: NickServ memberitahukan saya bahwa kode AUTH tersebut salah. Apa yang harus saya lakukan?

Jawaban: Pertama, anda harus yakin nomor yang anda masukkan tersebut benar. Untuk itulah maka copy dan paste lebih disarankan jika mungkin dilakukan. Kemungkinan yang lain ialah anda telah mengubah alamat email anda dan memasukkan nomor yang berasal dari alamat email yang terdahulu. Bacalah seluruh email yang anda terima untuk menyakinkan kode AUTH yang anda masukkan adalah untuk nickname tersebut. Dalam setting email pada beberapa nick, kejadian membingungkan seperti ini sangat mudah terjadi.

Pertanyaan: Seseorang menggunakan register partial nick saya (half-registered nick). Bagaimana saya memperolehnya kembali jika saya tidak dapat menggunakan perintah RECOVER atau GHOST?

Jawaban: Periksalah email anda untuk mendapatkan kode autorisasi dan masukkan untuk melengkapi register nick anda. Setelah ini selesai, perintah RECOVER dan GHOST akan dapat anda gunakan.

Pertanyaan: Saya tidak mendapatkan kode AUTH melalui email. Apa yang harus saya lakukan?

Jawaban: Ada beberapa alasan yang mungkin terjadi. Pertama, adanya kesalahan pengetikan dalam alamat email anda. Anda dapat membuktikan alamat email yang sebenarnya kepada NickServ dengan menggunakan:

/nickserv set email

Alasan yang lainnya, kemungkinan dikarenakan keterlambatan (lag) dalam pengiriman pesan email. Jika banyak orang yang men-set alamat email bagi nickname mereka, antrian pesan yang akan dikirimkan kemungkinan memakan waktu yang lama. Tunggulah, paling tidak 6 jam sebelum anda meminta bantuan.

Pertanyaan: Saya pikir seseorang telah mencuri (hacked) password nick dan alamat email saya.

Jawaban: Keamanan password adalah tanggungjawab anda. Cobalah untuk mendapatkan password anda kembali dengan menggunakan perintah SENDPASS seperti yang dijabarkan dalam http://help.dal.net/docs/nickserv.html. Jika ini tidak berhasil, silahkan anda mengunjungi channel #operhelp dan tunggulah hingga diberikan voice oleh operator channel. Jangan merespon pesan apapun kecuali dari operator channel.

Berikut beberapa petunjuk untuk keamanan password yang baik:

  • Pilihlah sebuah password yang paling sedikit memiliki panjang 7 buah karakter dan terdiri dari huruf kapital maupun huruf kecil, begitu pula terdapat beberapa angka.
  • Jangan pernah menuliskan perintah layanan pada window channel, sebagai alternatif gunakan window yang lain (misalnya, window status).
  • Jangan men-script password anda dalam komputer, kemungkinan orang lain dapat mengakses komputer anda dengan sepengetahuan anda atau tidak. Anda juga harus berhati-hati dengan script yang anada gunakan. Beberapa script dapat mengijinkan orang lain, tidak hanya untuk mencuri password anda, tetapi juga mengkontrol komputer anda.
  • Jika anda melakukan identify nickname saat anda berada di warnet, perpustakaan atau pada pelayanan internet untuk umum, pastikan tidak ada seorang pun yang melihat password anda dan pastikan juga tidak adanya script untuk mencuri password. Pastikan pula bahwa “logging” tidak sedang diaktifkan.
  • Jangan pernah membagikan password dengan orang lain dan perhatikan bahwa tidak ada seorang pun dari DALnet yang akan mengirimkan pesan untuk menanyakan password anda. Satu-satunya saat anda akan ditanyakan mengenai password adalah oleh CSop yang telah anda minta untuk menolong anda.

sumber dalnet dan di terjemahkan secara bebas oleh Clavelina

Share this article :
 
TEMPLATE ASWAJA| JENIUS = 1% IDE & 99% HARD WORK - All Rights Reserved